Pengenalan HTML Pada halaman Blog atau Website

0 Komentar
Advertisement
HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language html merupakan bahasa yang digunakan untuk menampilkan halaman blog atau website pada browser. Dengan adanya bahasa html atau dokumen html pada sebuah web maka kita bisa melihat tamplilan berupa teks dengan style tertentu, Selain teks html juga bisa menampilkan gambar, video atau form isian dan lainnya. Dengan kata lain tanpa HTML maka tidak akan ada halaman web.

Dokumen HTML sebenarnya mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh saya ingin membuat tulisan ditampilkan menjadi miring seperti: TULISAN MIRING, maka penulisannya dilakukan dengan cara: <i> TULISAN MIRING </i>
Penjelasan :  Tanda <i> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak miring, diikuti oleh tulisan yang ingin di buat miring atau italic, dan diakhiri dengan tanda </b> untuk menonaktifkan atau memberi batas tang di cetak miring tersebut.

Contoh lain misalnya saya ingin membuat TEXT TEBAL maka penulisannya adalah <b> TEKS TEBAL </b> Begitu seterusnya dan untuk contoh tag lainnya akan kita bahas pada sesi berikutnya.

Dasar Pembuatan halaman HTML
berikut ini adalah contoh penulisan dasar pembuatan dokumen halaman HTML buka notepad lalu copy code di bawah ini :

<html>
<title>Halaman HTML Saya</title>
</head>
<body>
<p>Halo Apa Kabar</p>
</body>
</html>

Kemudian simpan dengan nama format index.html dan buka pada browser maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :
Nah demikian artikel pertama saya di blog.ediprasetyo.com untuk kelanjutannya silahkan simak terus blog saya ini atau bisa juga berlangganan dengan memasukan email kamu di kotak subscribe

Post a Comment