Install Server Localhost di komputer untuk belajar membuat website

0 Komentar
Advertisement
Oke Sekarang kita lanjut Untuk cara mengaktifkan server local di komputer kalo kamu belum tau apa itu server local atau localhost baca dulu artikel tentang localhost. seperti yang saya bahas sebelumnya saat kita akan belajar membuat website perlu server untuk menampung file file kita, nah karena kita baru belajar maka kita hanya membutuhkan server local komputer sehingga file file kita akan di simpan di hardisk komputer.

Sekarang silahkan download sofware serverlocal silahkan ketik keywordnya di google Free download wampserver atau free download Xampp jika kamu sudah mendownloadnya langsung aja di install ya dan saya anggap server local sudah di install di komputer kamu. kalo saya biasa pake wampserver.

Perlu di garis bawahi untuk Versi server local terbaru baik wampserver maupun Xampp hanya bisa di gunakan di windows 7 ke atas jadi kalo kamu masih pake Windows XP (Mudah mudahan Nggak Adalah biar nggak usah jelasin :) Software ini nggak akan bisa berjalan karena Versi terbaru ini sudah mendukung PHP Versi 7 keatas sengkan Windows XP php 5 aja nggan bisa, Jadi kalo kamu pake Windows XP silahkan cari yang old Version minimal di bawah php 4 itu bisa baca di deskripsi softwarenya.

Nah sekarang sekarang kalo kamu sudah instal server localnya kamu bisa aktifkan dengan cara :

Mengaktifkan Wampserver
Klik ikon wampserver pada start menu
Install Server Localhost di komputer untuk belajar membuat website

Kemudian tunggu hingga mucul di traybar Jika Warna iconnya sudah berubah menjadi warna hijau maka Server Local Sudah aktif dan kamu bisa gunakan.
Install Server Localhost di komputer untuk belajar membuat website

Untuk mengujinya buka browser (Kebangtan Kalo Nggak Tau Browser ) Chrome atau mozilla kalo saya biasa pake Chrome, Kemudian di menu bar ketik localhost maka akan muncul seperti ini
Install Server Localhost di komputer untuk belajar membuat website

Menaktifkan Xampp
kalo untuk xampp ini agak berbeda kamu harus mengaktifkannya melalui control panel caranya buka program xampp control panel yang sudah kamu install kemudian klik tombol start pada Apache dan Mysql Jika sudah berwarna hijau berarti Xampp sudah aktif lihat gambar dibawah ini :
Install Server Localhost di komputer untuk belajar membuat website
Untuk mengujinya sama seperti wampserver ketik localhost pada browser

Oke lalu gimana kita membuat websitenya? Dimana kita taruh file filenya? Sabar nanti kita bahas di cara membuat website atau blog di localhost, ditunggu aja ya artikelnya Insya Allah Akan saya posting disini kok. Buat kamu yang nggak ingin ketinggalan dengan tutorial disini kamu bisa berlangganan melalui email dengan cara subscribe  ya... Jika ada yang mau di tanyakan silahkan ketikan komentarnya..

Post a Comment