Gunakan Server Local Buat yang Belajar membuat Website

0 Komentar
Advertisement
Buat Kamu yang pengen belajar membuat website tentu kamu akan berfikir akan butuh server atau hosting seperti yang saya bahas pada artikel sebelumnya yaitu Pengenalan Hosting pada sebuah website tapi ternyata... "Ternyata eh ternyata bikin website itu gampang.." Halah... :P kayak lagunya bang roma aja..

Oke kembali ke topik pembahasan ternyata kalau mau sekedar belajar membuat website dan memang harus belajar dulu ya.. nggak usah keluarin duit buat sewa hosting k Duitnya buat makan aja di warteg :p kita bisa gunakan server local, Hah.. makanan Apa itu server local :D Oke saya jelasin ya.

Server local atau biasa di sebut juga dengan Localhost merupakan simulasi server atau hoting yang sigunakan secara offline sehingga kita bisa merancang atau membuat website layaknya server  online sebelum kita mempublikasikannya di server online,
Server local atau localhost membutuhkan software yang bisa di gunakan sebagai simulasi server pada komputer secara offline ada 2 software yang banyak di gunakan saat ini yaitu Xampp dan Wampserver sebenarnya ada banyak softwarenya tapi yang paling populer ya 2 ini aja, kalo saya biasa menggunakan Wampserver untuk membuat projek website.

Nah layaknya hosting yang membutuhkan tempat penyimpanan di server local kita bisa gunakan hardisk komputer kita sebagai tempat menyimpan file file website kita tapi offline ya. Sehingga kita bisa bebas mengunakannya tanpa harus bayar sewa seperti layanan hosting online, mau dipake sampe hardisknya jebol juga terserah deh...

Jai kesimpulannya buat kamu yang mau belajar bikin website saya sarankan pake server local aja dulu ini agar kita tidak menyia nyiakan biaya sewa hostingya.. kan sayang udah sewa hosting tapi masih utak-utik website yang masih amburadul :P bahkan yang sudah mahirpun kalo mau buat projek biasanya pake server offline dulu nanti kalo sudah benar benar final baru di upload ke server online.

Nah kalo kamu mau kamu bisa langsung install server localnya untuk sofwwarenya cari di google dengan keyword download wampserver atau download Xampp nanti ketemu deh linknya nah kalo sudah biar lebih jelas nanti saya akan tuliskan cara install dan penggunaannya deh tapi di artikel selanjutnya ya.. ini aja bacanya kayaknya udah kebanyakan... Pokoknya ditunggu aja.

Biar nggak ketinggalan beritanya kamu bisa berlangganan melalui email silahkan isi email kamu pada kolom subscribe yang ada di sebelah kanan halaman ini. Oke sampai ketemu di artikel berikutnya ya...

Post a Comment